Tips dan Trik

Mengenal Lebih Jauh Alumunium Composite Panel

Mengenal Lebih Jauh Bahan Alumunium Composite Panel (ACP) Untuk Bangunan

Aluminium Composite Panel yang disingkat ACP adalah material pelapis dinding yang terbuat dari perpaduan antara material Aluminium yang direkatkan pada bahan Polyethylene (Plastik) / Fire Resistance Core. Masyarakat Indonesia lebih sering menyebut Aluminium Composite Panel dengan sebutan Alucopan atau Alucobond (padahal Alucopan atau Alucobond tersebut adalah nama brand atau merk dari ACP). Aluminium Composite Panel/ACP merupakan jenis aluminium yang ringan, namun material ini dikenal sangat kuat dan dengan warna yang tidak mudah luntur.  Cat Polyester adalah bahan yang digunakan untuk Aluminium Composite Panel atau aluminium lembaran tsb yang juga digunakan sebagai penyekat dsb.

Mengenal Lebih Jauh Bahan Alumunium Composite Panel (ACP) Untuk Bangunan

Aluminium Composite Panel / ACP  biasanya digunakan pada bagian luar gedung (exterior) seperti dinding fasade, lisplang, kanopi, plafon, pilar dsb, juga bisa digunakan di bagian dalam gedung (interior) seperti: langit-langit, pilar, dsb.  Tidak menutup kemungkinan saat ini ACP juga mulai diaplikasikan pada produk2 mebel seperti meja resepsionis, meja meeting, cabinet, kitchen set, booth ATM, booth kedai dorong, dsb.

Karena dengan pengaplikasian ACP ini dapat menambah nilai dan mempercantik tampilan suatu bangunan sehingga terkesan mewah dan eksklusif. Bahkan perpaduan warna-warni pada Aluminium Composite Panel yang tepat dan sesuai akan menambah pula nilai estetika dan artistik bangunan tsb.

Cara Pemasangan Aluminium Composite Panel yang benar sesuai standard safety harus benar-benar kita perhatikan. Banyak sekali jenis material bahan bangunan yang dipergunakan untuk pelapis dinding, salah satunya adalah Aluminium Composite Panel. Aluminium Composite Panel ini bisa dipergunakan untuk pelapisan dinding luar, ornamen listplank rumah, portal gawangan pintu, pelapis dinding ruko ataupun untuk pelapisan kitchen set pekerjaan interior.

Tips ketika hendak memasang ACP ada beberapa. Pertama, sebaiknya kita menggunakan Kontraktor Aluminium Composite Panel yang memang spesialist dibidangnya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik sesuai dengan keinginan kita.

Kedua, pastikan bahwa dinding yang akan dipasangi ACP sudah rapi dan siap untuk dipasang bracket. Ketiga, untuk pasang Aluminium Composite Panel dan mendapatkan hasil yang maksimal, usahakan melakukan proses marking dengan seksama dan teliti.

Keempat, pastikan bahan Aluminium Composite Panel yang kita pasang sesuai dengan spesifikasi ruangan. Misalnya untuk area exterior atau area luar ruangan yang terkena hujan dan panas secara langsung sebaiknya digunakan Aluminium Composite Panel dengan finish PVDF.

Perlu juga diketahui bahwa dibalik banyaknya kelebihan dan keuntungan penggunaan setiap produk, pasti ada juga kekurangan dan kelemahannya. Termasuk diantaranya adalah kelemahan atau kekurangan yang dimiliki oleh ACP (Alumunium Composite Panel). ACP memiliki beberapa kekurangan yang perlu juga diperhatikan dan dipertimbangkan. Pertama, hasil penelitian menyatakan bahwa  bahan inti yang terbuat dari polyethylene dan lem pengikat ke lapisan aluminium, dalam suhu panas yang tinggi akan mengeluarkan gas beracun.

Kedua, dalam suhu tingggi, lapisan inti bisa menggelembung yang akan mengakibatkan permukaan aluminium tidak rata sehingga bisa mengurangi keindahan. Ketiga, kekuatan terhadap tekanan angin kurang, sehingga dalam konstruksi yang kurang baik akan beresiko terhadap keselamatan. Serta yang keempat adalah jika sistem grounding yang kurang bagus terhadap bangunan utama, lembaran cukup beresiko terhadap sambaran petir.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *